Pasar saham Australia pulih dari kerugian baru-baru ini

Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada Rabu, di bawah tingkat tertinggi hari ini, mengkonsolidasikan kekuatannya pulih dari kerugian baru-baru ini.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX200 naik 43,5 poin atau 0,75 persen menjadi 5.876,8 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 51,3 poin atau 0,87 persen menjadi 5.981,5 poin.

Kepala analis pasar CMC Markets, Ric Spooner mengatakan bahwa pasar berakhir jauh di bawah harga tertinggi hari ini, menyusul kerugian pada Selasa (6/2) akibat kekacauan di Wall Street yang melihat indeks lokal mempertahankan penurunan satu hari terbesarnya dalam lebih dari dua tahun.

"Mengingat keadaan volatile saat ini ... ini adalah reli konsolidasi yang baik meskipun mungkin tidak sekuat yang terlihat pagi ini. Sebagian besar sektor pasar naik, sektor utilitas sedikit lebih lemah seperti halnya sektor keuangan," katanya.

Khusus, Commonwealth Bank berakhir sedikit melemah menyusul hasil laba pada paruh pertamanya sebesar 4,9 miliar dolar Australia, naik 1,2 persen dari periode sebelumnya, yang merupakan "hasil solid tapi tampak terlihat tidak cukup untuk memicu pembelian baru di sektor ini", kata Spooner.

Bank tersebut turun 0,79 persen pada penutupan, sementara bank-bank besar lainnya juga ditutup melemah, dengan ANZ tergelincir 0,4 persen, National Australia Bank turun 0,28 persen dan Westpac 0,1 persen lebih rendah.

Raksasa pertambangan BHP Billiton terangkat 1,81 persen dan pesaingnya Rio Tinto melonjak 3,82 persen. Sementara itu, penambang emas Newcrest turun 2,36 persen.

Perusahaan minyak dan gas terkemuka Santos naik 1,62 persen dan Woodside Petroleum menguat 1,75 persen.

Woolworth tergelincir 0,3 persen, sementara jaringan supermarket pesaingnya Wesfarmers naik tipis 0,15 persen.

Maskapai nasional Qantas menambahkan 1,16 persen, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,29 persen dan kelompok biomedis CSL meningkat 1,35 persen.

Source: ANTARA News

Related posts