Lima penimbun emas terbesar di dunia, AS pertama Rusia kelima

Moskow (ANTARA News) - Rusia menjadi pemilik emas terbesar kelima di dunia, setelah bulan lalu Bank Sentral Rusia (CBR) meningkatkan cadangan emasnya sebanyak 20 metrik ton menjadi 1.857 ton.

Amerika Serikat masih menjadi pemilik emas terbesar di dunia, dengan menguasai 8.134 ton, yang sebagian besar disimpan di Fort Knox. Jerman menyusul pada urutan kedua dengan 3.374 ton.

Rusia telah meningkatkan kepemilikannya setiap bulan sejak Maret 2015. Menurut saluran berita Rusia Today (RT), CBR telah meningkatkan cadangan emas negara ini guna memenuhi target Presiden Vladimir Putin untuk membuat Rusia tahan terhadap isiko geopolitik.

Rusia juga penghasil logam mulia terbesar ketiga di dunia. Rusia Today mengatakan pemerintah telah membeli dua pertiga dari semua tambang emas di negara ini karena Kremlin menganggap emas sebagai tempat aman saat terjadi gejolak geopolitik.

Urutan ketiga dalam daftar ini adalah Dana Moneter Internasional (IMF) dengan 2.814 ton emas, sedangkan Prancis menjadi pemegang emas terbesar keempat, demikian Xinhua.

Source: ANTARA News

Related posts